Cara Mengunci File PDF untuk Protect Dokumen Penting

Posted on

Cara Mengunci File PDF – Ada banyak cara untuk melindungi file PDF menggunakan password baik secara online maupun offline.

Pada postingan kali ini walipos.com akan mencoba memberikan tutorial cara mengamankan dokumen dalam format pdf menggunakan password agar tidak dapat dibuka oleh sembarang orang.

Pentingkah Mengunci File PDF?

Mengunci file pdf dengan kata sandi mungkin diperlukan ketika Anda memiliki dokumen penting yang hanya dapat dibaca oleh kelompok tertentu. Misalnya laporan keuangan, data pegawai dan lain sebagainya.

Beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan kata sandi ke file pdf antara lain PDFMate dan Adobe Acrobat PRO. Dan jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi, Anda dapat melindungi pdf secara online menggunakan situs foxyutils.com.

Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda pilih untuk melindungi file pdf dengan kata sandi baik online maupun offline.

Cara Protect File Dokumen PDF Menggunakan Software Adobe Acrobat PRO

Cara Mengunci File PDF

Cara pertama saya menggunakan software berbayar adalah Adobe Acrobat PRO, tetapi Anda juga dapat menemukan versi gratisnya di internet. Berikut cara melindungi file dokumen PDF:

  1. Buka aplikasi Adobe Acrobat PRO.
  2. Kemudian klik menu Tools > Protect.
  3. Klik Opsi Lainnya > Properti Keamanan.
  4. Di bawah Metode Keamanan klik Keamanan Kata Sandi.
  5. Kemudian centang opsi Require a password to open the document dan masukkan password lalu klik OK.
  6. Klik lagi OK lalu Simpan, Selesai!

Cara Kunci Dokumen PDF Menggunakan Aplikasi PDFMate

Aplikasi ini sebenarnya berfungsi untuk menggabungkan file pdf tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk menambahkan kata sandi untuk mengunci file dokumen dalam format pdf. Berikut cara mengunci file dokumen PDF dengan aplikasi PDFMate:

  1. Buka aplikasi PDFMate Free PDF Merger.
  2. Kemudian pilih tombol Add Files dan temukan file pdf yang ingin Anda kunci.
  3. Centang Buka Kata Sandi lalu masukkan kata sandi yang Anda inginkan.
  4. Terakhir klik tombol Build dan tunggu prosesnya selesai.

Cara Mengunci File PDF Online

  1. Langkah pertama silahkan buka halaman foxyutils.com
  2. Kemudian silahkan upload file pdf atau dokumen apapun yang akan diproteksi dengan password, klik tombol Browse.
  3. Kemudian buat password atau password pada kolom yang disediakan dan centang Require opening password, tujuannya agar saat membukanya harus memasukkan password terlebih dahulu dan juga centang Allow printing agar dokumen dapat dicetak.
  4. Langkah terakhir klik “Protect PDF!” kemudian tunggu prosesnya sampai selesai dan anda dapat mendownload file pdf yang sudah di lock dengan password.

Artikel lainnya:

Penutup

Itu saja untuk tutorial cara mengunci file PDF baik online maupun offline untuk melindungi file dokumen penting Anda. Semoga beruntung!