Cara Mengatasi WiFi Limited Access Windows 7, 8 & 10

Posted on

Cara Mengatasi WiFi Limited – Jika jaringan WiFi memiliki tanda ‘Limited Access’ di sebelahnya, itu berarti Anda terhubung ke jaringan tetapi tidak memiliki akses ke internet.

Alasan utama untuk masalah ini adalah karena server DHCP tidak merespons. Dan jika server DHCP tidak merespon, komputer secara otomatis memberikan alamat IP untuk dirinya sendiri karena server DHCP tidak dapat menetapkan alamat IP.

Oleh karena itu, saat menggunakan internet, Anda pasti akan mendapatkan pesan error ‘Limited or No connectivity’ error. Lalu bagaimana cara mengatasi akses WiFi Limited? Silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Cara Mengatasi WiFi Limited Access di Windows 7, 8 & 10

Cara Mengatasi WiFi Limited

Untuk tutorial cara mengatasi keterbatasan akses WiFi ini dapat anda terapkan di PC atau laptop dan semua versi windows baik itu windows 7, 8 dan 10.

1. Update Network Driver

Masalah WiFi Limited dapat disebabkan oleh driver jaringan yang kedaluwarsa atau ketinggalan zaman. Memperbarui driver komputer Anda tepat waktu adalah suatu keharusan, untuk mencegah kesalahan yang disebabkan oleh driver yang ketinggalan zaman.

Cara mengatasi WiFi Limited yang benar adalah dengan mengupdate driver jaringan dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka Panel Kontrol > Semua Item Panel Kontrol > Sistem
  • Kemudian pilih Pengelola Perangkat.
  • Selanjutnya Pilih Network Adapters > Wi-Fi pilih nama wifi yang Anda sambungkan.
  • Kemudian klik kanan dan pilih Driver Software
  • Pilih Jelajahi komputer saya untuk perangkat lunak driver
  • Kemudian pilih Biarkan saya memilih dari daftar driver perangkat di komputer saya
  • Klik Jelajahi > Miliki Disk
  • Pilih driver terbaru yang telah Anda unduh dari internet.

2. Jalankan Windows Network Troubleshooter / Diagnostics

Pemecah masalah jaringan Windows adalah utilitas kuat yang dirancang untuk memecahkan masalah terkait jaringan, salah satunya adalah masalah WiFi Limited.

Yang perlu Anda lakukan adalah menjalankan pemecah masalah dan mengikuti petunjuk di layar. Untuk menjalankan pemecah masalah, klik kanan ikon Wi-Fi di sudut kanan bawah layar dan klik Troubleshoot (problems).

3. Restore Pengaturan ke Default

Mungkin Anda secara tidak sengaja mengubah pengaturan daya komputer Anda dan akibatnya, komputer Anda tidak dapat dimatikan dengan benar.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengubah waktu ketika laptop Anda akan tidur. Jika Anda tidak yakin bagaimana caranya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka menu Start, ketik opsi daya dan klik item pertama. Atau, jika Anda menggunakan laptop, Anda dapat mengklik kanan ikon baterai di area notifikasi (di sudut kanan bawah) dan pilih Opsi Daya.
  • Klik Ubah pengaturan paket di sebelah Paket daya seimbang
  • Kemudian Pulihkan pengaturan default untuk paket ini.
  • Klik Simpan perubahan.

4. Lupakan Jaringan Wi-Fi (Forget Network) dan Sambungkan Kembali

Ketika Anda mengingat jaringan Wi-Fi ke komputer Anda, Anda juga mengingat serangkaian instruksi “tentang bagaimana berperilaku ketika jaringan Wi-Fi tersedia” yang tidak terlihat oleh Anda, tetapi diketahui oleh komputer.

Mungkin kumpulan instruksi itu tidak lagi valid karena beberapa alasan (misalnya perubahan yang dibuat di router), dan perlu diperbarui ke yang baru.

Untuk memperbarui petunjuk, Anda harus melupakan jaringan Wi-Fi dan menyambungkannya kembali. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Klik ikon Wi-Fi di area notifikasi (di sudut kanan bawah layar) dan klik Pengaturan Jaringan.
  • Klik Kelola jaringan yang dikenal.
  • Pilih jaringan yang ingin Anda lupakan dan klik Lupakan/Lupakan jaringan ini.
  • Terakhir, sambungkan kembali ke jaringan, dengan memasukkan kata sandi.

5. Restart PC / Laptop

Alasan lain untuk masalah koneksi internet terbatas adalah program yang berjalan di komputer. Jika ada program yang menjadi tidak responsif karena alasan tertentu, program tersebut dapat mengganggu semua proses di komputer Anda, termasuk akses Internet.

Restart komputer atau Laptop Anda dan periksa apakah pesan kesalahan akan muncul kembali. Solusi yang lebih efektif yang dapat Anda coba adalah dengan mematikan komputer Anda, dan menyalakannya kembali setelah beberapa menit.

6. Restart Router dan Modem

Alasan paling umum untuk masalah akses Wi-Fi terbatas pada komputer Windows adalah router (dan/atau modem) itu sendiri, yang karena alasan tertentu telah berhenti menyalurkan koneksi Internet dengan benar.

Untuk mengatasinya silahkan restart router dan/atau modem WiFi, melalui tombol power, atau dengan mencabut kabel power akan lebih baik. Setelah itu, pasang kembali setelah beberapa menit (misalnya 2 menit) dan hidupkan router dan modem.

Tips lainnya:

Akhir Kata

Itulah cara ampuh mengatasi keterbatasan akses WiFi di Windows 7, 8 dan 10 yang dapat Anda ikuti. Semoga beruntung!