Cara Mengatasi WhatsApp yang Diblokir

Posted on

Cara Mengatasi WhatsApp yang Diblokir – WhatsApp adalah salah satu aplikasi paling populer yang digunakan oleh miliaran pengguna di seluruh dunia.

Platform perpesanan gratis digunakan untuk mengirim pesan, melakukan panggilan audio dan video oleh sebanyak 300 juta pengguna aktif setiap hari menurut laporan di 99Firms.

Namun, tidak banyak pengguna yang menyadari bahwa aplikasi tersebut memiliki ‘Persyaratan Layanan’ tertentu, yang harus diikuti jika akun Anda mungkin diblokir sementara atau permanen.

Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasi akun WhatsApp yang diblokir.

Apa Penyebab Akun WhatsApp Diblokir / Banned?

Cara Mengatasi WhatsApp yang Diblokir

Blokir Sementara

Pemblokiran sementara WhatsApp dapat terjadi karena:

  • Menggunakan aplikasi tidak resmi (WhatsApp Plus, GBWhatsApp) atau integrasi tidak resmi.
  • Kirim pesan massal kepada orang-orang yang tidak memiliki Anda dalam daftar kontak mereka.
  • Banyak orang memblokir atau melaporkan akun Anda (ini dapat disebabkan oleh spam atau pesan yang tidak diinginkan).

Blokir Permanen

WhatsApp diblokir secara permanen berarti WhatsApp Anda akan diblokir selamanya. Namun, masih ada peluang untuk memulihkan WhatsApp yang diblokir secara permanen jika Anda dapat membuktikan bahwa Anda tidak melanggar aturan WhatsApp apa pun.

Alasan mengapa WhatsApp diblokir secara permanen adalah karena menggunakan WhatsApp untuk mengirim iklan, mengirim spam, mengirim konten ilegal seperti gambar, video.

Dan materi yang mengandung unsur dewasa, menyinggung kelompok, menyakiti, mengungkapkan kekasaran dan kebencian terhadap seseorang atau kelompok.

Apa Bedanya Pemblokiran Sementara & Permanen di WhatsApp?

Seperti yang baru saja saya sebutkan, aktivitas di akun WhatsApp Anda dapat membuat WhatsApp lebih memperhatikan komunikasi Anda. Bergantung pada tingkat keparahan apa yang telah Anda lakukan terkait kebijakan platform, ada dua jenis penangguhan:

WhatsApp Diblokir Sementara

Jika akun Anda telah ditangguhkan sementara, Anda akan melihat penghitung waktu di akun WhatsApp Anda yang menunjukkan berapa lama lagi Anda harus menunggu sebelum Anda memiliki akses ke percakapan Anda.

Umumnya penangguhan ini berlangsung selama 24 hingga 48 jam, atau pada kasus yang parah dapat berlangsung selama beberapa hari.

Jenis pemblokiran ini berfungsi lebih seperti peringatan tentang tindakan yang Anda lakukan yang tidak sesuai menurut perusahaan Facebook.

WhatsApp Diblokir Secara Permanen

Jenis penangguhan ini dapat mengakibatkan nomor Anda diblokir secara permanen, dan dalam kasus terburuk, mereka dapat melarang bisnis Anda beroperasi di WhatsApp.

Jika Anda melakukan salah satu aktivitas yang saya daftarkan dalam penangguhan sementara, kemungkinan Anda akan menerima setidaknya satu penangguhan sementara sebelum mencapai titik ini.

Mengulangi tindakan pada akhirnya akan menyebabkan penangguhan. Namun, penangguhan permanen dimungkinkan jika konten yang dikirim melalui platform ilegal atau melanggar persyaratan layanan.

Ketika akun digunakan untuk bisnis atau perusahaan, ini dapat berdampak sangat negatif pada pengunjung Anda. Ini tidak hanya membuang-buang waktu, tetapi juga dapat merugikan klien Anda.

Cara Mengatasi Whatsapp yang Diblokir

Bagi Anda yang akun WhatsAppnya diblokir atau dibanned, ada beberapa langkah atau cara mengatasi WhatsApp yang diblokir yang dapat Anda ikuti untuk dapat memulihkan akun yang diblokir oleh WhatsApp baik untuk sementara maupun permanen.

Berikut cara-caranya:

Cara Mengaktifkan Nomor WhatsApp yang Diblokir Sementara

Cara mengatasi WhatsApp yang diblokir sementara kemungkinan besar dapat dilakukan oleh pengguna yang menginstal versi aplikasi yang bukan versi resmi.

Aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp Plus, GB WhatsApp, dan sebagainya tidak didukung oleh platform milik Facebook karena praktik keamanannya tidak dapat divalidasi.

Pemblokiran sementara umumnya dicabut untuk pengguna yang beralih dari aplikasi ini ke aplikasi resmi yang gagal dan pengguna dapat menghadapi larangan permanen.

Pengguna bahkan dapat mencadangkan riwayat obrolan mereka di aplikasi bagian ketiga saat bermigrasi ke aplikasi resmi dengan mengambil langkah-langkah berikut:

  • Di GB WhatsApp, ketuk Opsi lainnya > Obrolan > Obrolan cadangan.
  • Buka Pengaturan > Penyimpanan > File.
  • Temukan folder GB WhatsApp lalu klik dan tahan untuk memilihnya.
  • Di pojok kanan atas klik More > Rename dan rename folder menjadi “WhatsApp”.
  • Unduh aplikasi resmi, lalu tekan Pulihkan > Berikutnya pada layar cadangan yang ditemukan.

Sejauh aplikasi WhatsApp Plus berjalan, riwayat obrolan pengguna jika sebelumnya disimpan, akan ditransfer ke aplikasi resmi WhatsApp secara otomatis.

Cara Memulihkan WhatsApp yang Diblokir Permanen

Solusi untuk memblokir WhatsApp secara permanen mungkin tidak dapat diubah, kecuali jika pengguna dilarang secara tidak sengaja.

Satu-satunya pilihan yang dimiliki pengguna saat menghadapi larangan permanen adalah menulis ke kontak dukungan yang menyatakan alasan yang sah mengapa akun mereka harus dibatalkan pemblokirannya.

Pengguna di Reddit baru-baru ini melaporkan bahwa menjadi bagian dari grup terbukti mahal bagi mereka ketika salah satu anggota grup mengubah nama grup menjadi “Kids Porn”.

Masalah ini tampaknya hanya memengaruhi pengguna yang sudah ada yang telah menjadi bagian dari grup untuk waktu yang lama, karena platform dapat mendeteksi ketika pengguna baru ditambahkan ke grup berisi spam.

Namun, aktivitas seperti itu pada platform perpesanan kemungkinan akan mengakibatkan platform tersebut melarang pengguna yang tidak dapat diubah.

Bagaimana Mengetahui Jika Akun WhatsApp Diblokir?

Akun yang diblokir biasanya akan menerima pesan seperti berikut di aplikasi:

“Nomor telepon anda disuspend menggunakan WhatsApp. Hubungi dukungan untuk mendapatkan bantuan.”

WhatsApp biasanya tidak mengeluarkan peringatan apa pun sebelum memblokir akun. Blok sementara biasanya ditandai dengan timer yang menunjukkan panjang blok, dan blok permanen hanya dapat digunakan untuk menghubungi dukungan.

Solusi Jangka Pendek untuk Memulihkan akun WhatsApp

Sekarang setelah Anda tahu mengapa akun WhatsApp atau WhatsApp Business dapat diblokir, saya akan menjelaskan cara mengatasi masalah untuk setiap jenis.

Untuk penangguhan sementara, Anda hanya perlu menunggu hingga masa pemblokiran selesai. Jika pemblokiran tidak dihapus secara otomatis, saya sarankan Anda menghubungi Dukungan.

Ada tiga cara untuk menghubungi Dukungan Teknis WhatsApp: Anda dapat mengisi formulir kontak, mengirim email ke support@whatsapp.com, atau menginstal ulang aplikasi dan mengetuk tombol Dukungan yang muncul di awal.

Sebelum akun Anda diblokir, Anda harus berhenti menggunakan aplikasi yang tidak sah. Jika tidak, akun Anda akan ditangguhkan lagi.

Penting: menghubungi Dukungan tidak menjamin bahwa penangguhan akan dicabut.

Beberapa portal web menyarankan untuk mendapatkan nomor baru sebagai cara untuk menghindari penangguhan.

Namun, saya sangat tidak menyarankan strategi ini, karena di satu sisi tidak menyelesaikan akar masalah, dan di sisi lain Anda akan kehilangan semua informasi yang terkait dengan akun Anda yang lain.

Dan jika WhatsApp mendeteksi bahwa perusahaan yang sama beroperasi dengan nomor lain, perusahaan tersebut akan diblokir dari layanan tersebut.

Tips Menghindari Akun Whatsapp Anda Diblokir

Untuk menghindari kemungkinan penangguhan, pemblokiran, atau pemblokiran akun di masa mendatang, opsi terbaik adalah menggunakan Business Solution Partner (BSP).

Berkat perpaduan mereka dengan Zenvia, Sirena ada di daftar resmi penyedia WhatsApp yang disetujui.

Integrasi API resmi dengan WhatsApp Business menawarkan Anda kesempatan untuk mengirim ratusan pesan yang relevan melalui daftar distribusi. Anda dapat melebihi maksimum 256 pesan sehari tanpa dikenakan sanksi.

Ini memungkinkan Anda membuat templat pesan untuk pesan-pesan yang relevan, yang dikelola Sirena untuk menghemat waktu Anda. Anda dapat menggunakannya untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dengan sedikit usaha.

Artikel menarik lainnya:

Akhir Kata

Hal yang paling menjengkelkan tentang situasi ini adalah bahwa WhatsApp tidak memberikan peringatan apapun SEBELUM mereka memblokir akun Anda.

Setelah akun Anda diblokir, Anda harus mencari tahu apa yang terjadi dan mengapa nomor Anda dihukum dengan cara ini.

Pertama, Anda perlu tahu bahwa ada dua jenis pemblokiran WhatsApp. Yang mana sebagian besar tergantung pada jenis aktivitas yang Anda lakukan tepat sebelum Anda diblokir.

Dengan mengetahuinya, Anda dapat menggunakan cara mengatasi WhatsApp yang diblokir yang telah saya bahas di atas. Semoga beruntung!